Kamis, 14 Januari 2016

Fanatisme Buta Orang Indonesia (2) : Public Figure

Public Figure, berarti tokoh publik. Artinya tokoh yang selalu menjadi sorotan publik. Dimanapun ia berada, media maupun dunia maya akan terus mengamatinya secara 24 jam. Public Figure bukanlah artis. Siapapun yang layak diperbincangkan pasti merupakan Public Figure.

Well sebetulnya judul diatas sedikit kontradiktif tetapi kenapa dikatakan demikian karena kebiasaan (mayoritas) orang Indonesia pada umumnya, mencintai sesuatu secara berlebihan. Hawa nafsu yang negatif membuat orang menghalalkan segala cara. Zaman modern bukannya tambah santun, malah jadi edan! Mau orang beragama apapun tetap saja sudah rusak iman.

Katakanlah, kalau ada artis terkenal (misal Agnez Mo), bagi fansnya apapun yang dilakukan Agnez Mo dianggap benar. Seperti contoh kasus yang lagi trend akhir-akhir ini. Agnez Mo dengan kostum itu bahkan disebut melecehkan agama. Begitupun tokoh terpandang, semisal Prabowo dan Jokowi (contoh saja). Kalau sudah fanatik terhadapnya maka segala pemikiran dan tindakan beliau dianggap benar pula di mata pengagumnya. Padahal belum tentu mereka benar. Pasti ada kesalahan yang pernah dilakukan. Atau ada yang kontra terhadap pemikirannya. Wajarlah Public Figure juga manusia. Benar nggak? Iya.

Dan itulah akibatnya kalau sudah fanatik buta. Setelah Pilpres kemarin. DPR terbelah jadi dua waktu itu, KMP (kubu Prabowo) dan KIH (kubu Jokowi). Lalu masyarakatnya? Juga terbelah menjadi dua. Sampai sekarang di media sosial masih saling perang kata-kata antara pendukung kedua kubu itu. Black Campaign masih dilancarkan. Tambah lagi media sekarang dikuasai orang-orang politik. Makin panas suasananya. Lanjutannya?

Agnez Mo, Prabowo dan Jokowi saja adem-ayem, kok malah kita yang sewot? Pendukung Jokowi apakah semuanya kafir dan sesat? Pendukung Prabowo sudah paling religius dan suci? Pendukung Agnez sudah menganggap Agnez tokoh panutan? Semuanya pasti jawab NGGAK!!! Kalau begitu ya introspeksi diri dulu. Di atas tokoh, masih ada langit. Siapa pencipta langit dan alam semesta? Allah SWT. Dan ingat, Public Figure juga MANUSIA.

Quotes : "Mengalahkan diri sendiri itu lebih rumit ketimbang mengalahkan lawan, musuh terbesar manusia adalah diri sendiri".

Tidak ada komentar: